Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Melon (Cucumis Melo L.)Di Kabupaten Oku Timur

Authors

  • Ivanya Meisya Indah Program Studi Magister Ekonomi PertanianUniversitas Baturaja Author
  • Munajat Munajat Program Studi Magister Ekonomi PertanianUniversitas Baturaja Author
  • Rini Efrianti Program Studi Magister Ekonomi PertanianUniversitas Baturaja Author

DOI:

https://doi.org/10.62872/exp4zt56

Keywords:

strategi, pendapatan, melon, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan petani melon di Kabupaten OKU Timur serta merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan petani melon di Kabupaten OKU Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2023 hingga Januari 2024. Metode yang digunakan untuk menganalisis masalah dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau total sampling pada petani sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan petani yang berusahatani melon di Kabupaten OKU Timur rata-rata sebesar Rp 29.820.763,00 per musim tanam dengan rata-rata produksi buah melon sebanyak 8.000 kg per musim tanam dengan luasan rata-rata tanaman melon yang diusahakan sebesar 0,25 ha. Strategi yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan pendapatan petani melon di Kabupaten OKU Timur adalah Strategi SO, yaitu dengan menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada, diantaranya yaitu memanfaatkan sumber daya alam dengan baik agar kualitas dan kuantitas produksi melon tetap optimal, memaksimalkan  tenaga kerja yang ada, meningkatkan produksi dengan memanfaatkan akses kredit, serta membuat produk olahan melon (sirup, selai, dll). 

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. (2024). Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam Angka 2024. Martapura: Badan Pusat Statistik.

Daryono, B.S. dan Maryanto, S.D. (2018). Keanekaragaman dan Potensi Sumber Daya Genetik Melon. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Laudji, S., Nikmah, M., dan Mohamad L. (2021). Peningkatan Produksi Melon (Cucumis melo L.) Melalui Pemangkasan Pucuk dan Pemanfaatan Ekstrak Selasih Ungu Sebagai Antraktan Terhadap Lalat Buah (Bactrocera cucurbitae Coquilett). Jurnal Agroteknotropika, 10(2), 1-10.

Nafisah, B.K., Abdurrahman, dan K. Wilda. (2019). Analisis Finansial Usahatani Melon di Kota Banjarbaru. Fronter Agribisnis, 3(4), 176-183.

Pusmadi, L. N. (2018). Strategi Pengembangan Usahatani Melon Di Desa Ganti Kecamaan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Agribisnis, 1(1).

Rohman, N.N.T. (2020). Analisis Keputusan Petani Berusahatani Melon di Desa Klotok Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Skripsi, Universitas Islam Malang (tidak dipublikasikan).

Salim, M.A. dan Siswanto, A.B. (2019). E-book: Analisis SWOT dengan Metode Kuesioner. https://www.researchgate.net/publication/337673904_Analisis_SWOT_dengan_metode_kuesioner

Supriyanto. (2022). Strategi Peningkatan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Irigasi Setengah Teknis di Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Baturaja (tidak dipublikasikan).

Supriyanto, Munajat, and Yunita S. (2022). Strategies to Increase Income for Semi-technical Irrigated Rice Farming in Pengandonan Subdistrict, Pengandonan District, Ogan Komering Ulu District. Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment, 6(3), 73-79.

Tanjung, A.F. (2020). Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Padi Sawah di Kabupaten Labuhan Ratu. JASC: Journal of Agribusiness Sciences, 3(2), 59-68.

Wahyudi, Evi A., dan A. Nurmelia. (2020). Pendapatan Dan Strategi Pemasaran Petani Melon Di Kabupaten Seluma. AGRITEPA: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pertanian, 7(1), 57–69.

Yekti, A., et al.. (2019). Strategi Manajemen Risiko Usahatani Melon di Lahan Pasir Pantai Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 26(1), 51-63.

Downloads

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Melon (Cucumis Melo L.)Di Kabupaten Oku Timur. (2024). Nomico, 1(3), 39-58. https://doi.org/10.62872/exp4zt56