Prospek Pengembangan Agribisnis Kelapa Sawit di Sumatera Selatan

Authors

  • Nina Alfisyahr Student of Agricultural Economic Study Program University of Baturaja., Indonesia Author
  • Rini Efrianti Lecturer of Agricultural Economy Study Program University of Baturaja, Indonesia Author
  • Yetty Oktarina Lecturer of Agricultural Economy Study Program University of Baturaja, Indonesia Author
  • Novayanti Novayanti Lecturer of Agricultural Economy Study Program University of Baturaja, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62872/w3jnrx47

Keywords:

Kelapa Sawit, Prospek Pengembangan, SWOT

Abstract

Kelapa sawit merupakan komoditas unggulan bagi negara Indonesia dalam perdagangan internasional. Kelapa sawit termasuk dalam sepuluh komoditas ekspor utama Indonesia dikarenakan daya saingnya yang kompetitif dalam perdagangan internasional. Daya saing tersebut didasarkan pada produktivitas per hektar kelapa sawit di Indonesia yang cukup tinggi. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa ketiga Kabupaten ini merupakan  Kabupaten yang luas tanamnya paling besar  dibandingkan dengan Kabupaten yang lain di Provinsi Sumatera Selatan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian yang berjudul prosfek pengembangan perkebunan sawit di Provinsi Sumatera Selatan yaitu metode acak berlapis. Untuk menjawab rumusan masalah digunakan analisis SWOT dengan menggunakan teknik analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa posisi faktor internal berada pada skor pada kekuatan sebesar 4,92 dan 2,00 pada kelemahan, hal ini berarti menunjukan bahwa keadaan faktor internal sangat kuat untuk kegiatan pengembangan usaha perkebunan di Sumatera Selatan. Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat skor tertinggi untuk kekuatan yaitu terdapat pada variabel proyeksi konsumsi CPO. Sedangkan diketahui bahwa posisi faktor eksternal berada pada skor pada peluang sebesar 4,00 dan 2,00 pada ancaman, hal ini berarti menunjukan bahwa keadaan faktor eksternal sangat kuat untuk kegiatan pengembangan usaha perkebunan di Sumatera Selatan. Berdasarkan kurva matriks SWOT prospek pengembangan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan yang mengacu pada hasil perhitungan tersebut berada pada kuadran I yaitu strategi agresif, artinya kondisi ini menguntungkan bagi petani di dalam menjalankan perkebunan kelapa sawitnya.

References

Anoraga, P. (2007). Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Yunus, 2016

Assauri, S. 2016. " Manajemen Operasi Produksi". PT .Raja Grafido Persada : Jakarta

Berlan., A, Munajat dan Efrianti R. (2022). Pengaruh Integritas Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kepercayaan Pimpinan Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Kerja Pada Perusahaan Kelapa Sawit Di Kabupaten Oku ( Studi Kasus Pt. Minanga Ogan). JASE. Volume 1 Nomor 1.

Betharia W.M. Pangaribuan, Tarigan. K. , Dan Yusak Maryunianta (2022). Analisis Efisiensi Dan Pengaruh Penggunaan Beberapa Input Terhadap Produksi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) (Kasus: PT Socfindo Kebun Aek Loba Kec. Aek Kuasan, Kab. Asahan). Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USU.

Krisnohadi, A. 2011.Analisis pengembangan lahan gambut Untuk tanaman kelapa sawit kabupaten kubu raya.Jurnal. Tek. Perkebunan & PSDL, 1(1): 1-7

Kurniawan, Arfan Chandra (2014). Strategi Pengembangan Bisnis Kelapa Sawit (Studi Kasus pada Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VIII, Propinsi Banten). Skripsi IPB University. Bogor.

Najiyati dan Sri. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Wetlands International – Indonesia Programme. Bogor.

Rachmat. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal. Jakarta: Kencana

Rahim, & Enny Radjab. (2016). Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard (Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengeola Kinerja dan Risiko). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Salelua Dan Maryam (2018). Potensi Dan Prospek Pengembangan Produksi Jagung (Zea Mays L.) Di Kota Samarinda. JAKP (Jurnal Agribisnis Komunikasi Pertanian). Volume 1 Nomor 1.

Saragih, Rachmina, dan Krisnamurthi (2020). Analisis Status Keberlanjutan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Provinsi Jambi. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness). Volume 8 Nomor 1.

Simarmata (2019). Manajemen Tenaga Kerja Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Gunung Alam Estate, Pt. Nusantara Sarana Alam, Kalimantan Barat. Skripsi IPB University. Bogor.

Sudrajadt (2010). Kelapa Sawit: Prospek Pengembangan dan Peningkatan Produktivitas. Penerbit IPB Press. Bogor.

Sunarto, Daryanto., A dan Maulana A (2022). Strategi Pengembangan Asuransi Tanaman Kelapa Sawit Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas (Studi Kasus Di Pt Asuransi Tri Pakarta). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, Volume 8 Nomor 1.

Suwardi , Zuriani dan Murdani (2016). Prospek Pengembangan Usaha Tani Melon Kecamatan Muara Batu Dan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal AGRIFO Volume 1 Nomor 1.

Wayan dan Susila (2023). Peluang Pengembangan Kelapa Sawit Di Indonesia: Perspektif Jangka Panjang 2025. Lembaga Riset Perkebunan Indonesia. Bogor.

Downloads

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Prospek Pengembangan Agribisnis Kelapa Sawit di Sumatera Selatan. (2024). Nomico, 1(3), 59-72. https://doi.org/10.62872/w3jnrx47